Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Mikrotik : Reset Mikrotik Menggunakan Software dan Hardware

Cara Mereset Mikrotik Menggunakan Software

Cara mereset mikrotik yang baik dan benar…

     Mereset mikrotik adalah salah satu cara agar konfigirasi/setting nya lebih mudah. Dalam mereset mikrotik ada beberapa cara dan alasanya bisa menggunakan software ataupun hardware, biasanya ketika tidak bisa mereset menggunakan software (soft reset) maka jalan lainya adalah menggunakan hard reset.

     Namun, jangan terlalu sering mereset mikrotik entah itu menggunakan soft reset ataupun hard reset, karena menurut pengalaman saya ketika menggunakan RB9412nd untuk kebutuhan belajar ketika masih sekolah, Router menjadi sering error seperti tidak masuk winbox atau telnet, tidak mendapatkan ip, sering restar sendiri dll.

Dalam menggunakan Soft reset kita bisa menggunakan Winbox atau telnet, tapi yang lebih mudah adalah menggunakan winbox karena tidak menggunakan script/perintah cukup klikklik jadi.

  1. Buka Roter Mikrotik menggunakan Winbox, login dan langsung ke menu “ System à Reset Configuration “
  2. Apabila kita mencentang “ No Default Configuration “ maka akan menjadi Router kosong/tanpa konfigurasi bawaan sehingga harus di konfigurasi ulang kembali dari awal.
  3. Jika mencentang “ keep user configuration” maka user (untuk login)r yang kita gunakan sekarang tidak akan hilang.
  4. CHAPS mode biasanya digunakan untuk jika kita menggunakan mode chapsman wireless
  5. Do Not Backup ini maksudnya kita akan mereset mikrotik tanpa melakukan backup.
  6. Pilihlah sesuai kebutuhan.

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan karena tidak bisa masuk Winbox ataupun lupa password login admin Mikrotik, langkah yang paling tepat dan cepat adalah mengguanakan HardReset, caranya :

  1. Cabut kabel LAN yang menempel di setiap Port agar tidak mengganggu
  2. Tekan tombol Reset disamping Router Mikrotik, sambil ditekan terus kemudian lepaskan kabel Powernya
  3. Dalam posisi masih menekan tombol reset tancapkan kembali kabel powernya.
  4. Tunggu sampai Lampu indikator dari seetiap port berkedip bersamaan, jika sudah berhenti maka liat hasilnya router akan terreset sendiri dengan konfigurasi bawaanya (default configuration)

      Nahh cara diatas adalah cara yang paling sering digunakan. Apabila cara diatas tidak bisa digunakan maka cara terakhir adalah dengan NetInstall OS mikrotiknya. Namun saya sarankan untuk tidak terlalu sering me-reset Mikrotiknya karena seperti yang saya bilang sebelumnya semakin banyak Router di Reset  apalagi menggunakan Hard-reset maka semakin besar kemungkinan Router tersebut akan menjadi sering error bahkan rusak.

Ok terima kasih telah berkunjung dan jikalau ada yang kurang jelas bisa di sampaikan di kolom komentar :)

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Tutorial Mikrotik : Reset Mikrotik Menggunakan Software dan Hardware"