Widget HTML #1

Perawatan Hard Disk Drive Agar Tahan Lama

Perawatan Hard Disk Drive Agar Tahan Lama

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat Hard Disk Drive (HDD) dengann benar agar hard disk tersebut dapat bertahan lama. Dalam komputer harddisk adalah komponen yang sangat penting karena Hardisk lah yang menyimpan data-data penting kita. Maka dari itu kita harus selalu menjaga hardisk agar tetap aman dari serangan virus ataupun badsector yang memungkinkan membuat data kita hilang begitu saja.

Harsdisk sendiri sangat berpengaruh terhadap kecepatan dari pc/laptop semakin bagus hardisknya semakin cepat pula pc/laptop kalian. Jangan beranggapan bahwa merawat hardisk itu sulit dan rumit, sesungguhnya sangat mudah asalkan kita lakukan dengan rutin. Ada banyak cara untuk merawat hardisk agar tetap aman dengan peforma yang tetap optimal, diantaranya :

1. Defragmentasi

Adalah mengisi celah kosong pada Hardisk yang terjadi karena kita sering membuat dan menghapus sebuah file atau aplikasi sehingga menmbulkan celah kosong. Bayangkan sebuah lemari yang setiap hari kalian masukan baju dan mengeluarkan baju sehingga akan ada celah kosong. Maka kalian akan mengisi yang kosong itu dengan file baru atau memindahkan file lama ke tempat kosong tersebut agar lebih mudah di ambil. Begitulah cara kerja defragmentasi yang bisa dijalankan di Windows atau DOS dengan menggunakan fitur Defragmenter.

Perawatan Hard Disk Drive Agar Tahan Lama

2. Scan Disk

Ini banyak digunakan untuk mendeteksi dan memperbaiki karena bisa memperbaiki maslah yang timbul di hardisk dengan otomatis. Scan disk bisa di lakukan secara rutin agar masalah bisa teratasi sebelum menyebar

3. Membersihkan Kotoran yang menempel pada hardisk

Gunakan kuas lembut atau kompresor mini untuk membersihkan debu. Banyak cara mencegah kotoran menempel pada hardisk diantaranya :

  • Gunakan filter udara pada casing pc
  • Hindari makan dan minum dekat hardisk
  • Jauhkan dengan rokok
  • Bersihkan area pc dari debu
  • Bersihkan pc secara rutin 1 bulan  atau 1minggu sekali

4. Matikan Pc dengan benar

Jangan sembarangan mematikan Pc karena akan menimbulkan badsector pada HDD. Kasus yang paling sering adalah mematikan pc saat menggunkan aplikasi tertentu. Hindarilah kebiasaan tersebut dengan keluar terlebih dahulu dari aplikasi yang sedang berjalan.

5. Perawatan dan pencegahan

  1. Gunakan UPS
  2. Backup data yang penting
  3. Tempatkan pc jauh dengan cairan dan debu
  4. Jangan matikan komputer ketika ada aplikasi yang masih berjalan
  5. Lepas kabel power pc ketika cuaca buruk (badai)
  6. Gunakan antivirus yang benar
Untuk tutorial lainnya silahkan baca di Mangaip Blog ya sob.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Perawatan Hard Disk Drive Agar Tahan Lama"