Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam-Macam Serangga Jinak Tapi Berbahaya

Serangga ada di mana saja. Kadangkala Anda mungkin bingung kalau tiba-tiba banyak semut di rumah. Apalagi kalau semut sudah mulai naik ke meja makan dan mengerubuti makanan disana. Semut merupakan salah satu dari Macam-Macam Serangga yang ada di dunia ini.

Serangga seperti semut seakan tidak pernah ada habisnya. Itu karena serangga memiliki kemampuan untuk berkembangbiak dengan cepat. Hidup serangga yang berkelompok di satu tempat menambah cepat meningkatnya populasi mereka.

Macam-Macam Serangga Jinak Tapi Berbahaya

Macam-macam Serangga yang Merugikan Petani

Beberapa serangga juga menjadi musuh petani karena menyerang tanaman yang sedang ditanam.

Belalang

Belalang termasuk serangga yang dikelompokkan sebagai hama oleh petani karena memakan tanaman dan menurunkan hasil produksi pertanian.

Lalat

Lalat tidak hanya membawa penyakit pada manusia kalau menempel pada makanan yang akan kita makan saja. Banyak pula jenis lalat yang juga menyerang tanaman hidup seperti lalat buah, lalat putih maupun lalat rimpang.

Kepik

Kepik menyerang tanaman pada bagian daunnya. Daun akan mati dan kering karena dihisap oleh kepik. Akibatnya lama kelamaan seluruh pohon bisa mati.

Macam-macam Serangga yang Berbahaya

Banyak sekali jenis serangga. Serangga ada yang jinak dan ada pula yang berbahaya. Beberapa serangga yang perlu diwaspadai karena berbahaya bagi manusia.

Serangga Yang Menghisap Darah

Banyak serangga yang bisa menghisap darah baik darah manusia maupun darah hewan. Akibatnya bisa fatal dan mematikan. Serangga ini antara lain : jenis kutu-kutuan, lalat tsetse dari Afrika dan nyamuk.

Serangga Yang Menyengat

Serangga yang menyengat ini banyak terdapat di daerah tropis seperti Indonesia. Walaupun tidak langsung mematikan tapi bisa menyebabkan kelumpuhan, contohnya tarantula, kalajengking dan kelabang.

Serangga Yang Menyerang Berkelompok

Serangga ini termasuk serangga yang paling kecil ukurannya namun hidupnya berkelompok dan jumlahnya sangat banyak di satu tempat. Jangan coba-coba mengganggu sarang atau kawanannya karena serangga itu akan balas menyerang secara berkelompok. Contohnya kelompok semut, kelompok lebah atau tawon

Serangga Yang Menggigit

Jangan sampai tergigit serangga jenis ini, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit seperti bengkak dan gatal-gatal. Bahkan anak kecil yang tergigit dan tidak kuat bisa demam atau mengalami panas meriang. Ada beberapa gigitan serangga yang juga sebagai media penyebab luka yang membawa bakteri. Contohnya laba-laba dan semut api.

Serangga Yang Mengeluarkan Racun

Racun yang dikeluarkan serangga sangat berbahaya jika mengenai manusia ataupun hewan. Contohnya lebah pembunuh yang beracun.

Nah, terlepas dari baik buruknya serangga, hewan kecil yang satu ini juga banyak manfaatnya. Salah satu manfaat serangga adalah sebagai media yang membantu perkembangbiakkan tanaman. Contohnya kupu-kupu yang membantu penyerbukan pada bunga.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Macam-Macam Serangga Jinak Tapi Berbahaya"