Widget HTML #1

Tips Membeli Mobil Sebelum Membeli

Membeli mobil merupakan investasi jangka panjang. Mobil tidak hanya sekedar alat bantu perjalanan dari satu lokasi menuju lokasi lain, tapi merupakan teman perjalanan Anda. Selain menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki, memilih mobil sebaiknya disesuaikan dengan tipe pemakai.

Apakah Anda tipe orang yang introvert, atau ekstrovert? Apakah Anda tipe orang yang memerlukan banyak barang atau perlengkapan? Apakah Anda tipe orang yang praktis dan tidak terlalu memperhatikan hal – hal yang mendetail? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih mobil yang akan Anda beli.

Tips Membeli Mobil Sebelum Membeli

Tetapkan Dana Atau Modal

Yang utama adalah menetapkan dana terlebih dahulu. Berapa dana yang Anda miliki atau berapa alokasi dana yang akan Anda gunakan untuk membeli mobil. Dari dana yang telah Anda tetapkan, pilihlah beberapa model mobil yang Anda minati sesuai kebutuhan dan keperluan Anda. Perhatikan juga tahun keluaran atau tahun produksi mobil tersebut.

Jika dana yang Anda tetapkan cukup untuk membeli mobil keluaran terbaru, maka tahun keluaran mobil tidak begitu menjadi masalah bagi Anda. Namun jika dana Anda cukup terbatas, maka Anda wajib memperhatikan tahun keluaran mobil yang Anda pilih. Semakin tua umur keluaran mobil, harga memang lebih terjangkau, namun biaya pemeliharaannya juga cenderung lebih tinggi.

Kesediaan Suku Cadang Dan Gaya Hidup

Mungkin juga beberapa mobil tertentu susah dicari suku cadangnya. Karena itu, pastikan untuk memilih mobil yang masih mudah dicari suku cadangnya, serta tersedia service centre resminya di dekat Anda.

Memilih mobil juga perlu disesuaikan dengan aktivitas dan gaya hidup Anda sehari – hari. Anda yang tinggal di tengah kota, dengan aktivitas sehari – hari di dalam kota yang padat, serta jarang keluar kota, sebaiknya Anda memilih city car yang lebih kecil, gesit dan lincah untuk berkendaraan di tengah kota yang padat lalu lintasnya.

Atau mungkin Anda seorang ibu rumah tangga dengan banyak sekali aktivitas seperti mengantar jemput putra – putri Anda ke tempat sekolah, mengantarkan mereka ke tempat kursus, berbelanja barang keperluan rumah tangga serta mungkin jika Anda juga berwirausaha, untuk membawa barang – barang dagangan Anda. Untuk memenuhi semua kebutuhan Anda tersebut, Anda bisa memilih mobil keluarga yang lebih besar dengan model pintu slide atau geser di samping.

Perhatikan Perkembangan Mobil Sebelum Membeli

Berbeda lagi jika Anda bermaksud membelikan mobil bagi anak Anda yang memperhatikan perkembangan model mobil – mobil yang terbaru, maka Anda harus memilih dulu beberapa model mobil yang kira – kira akan disukai anak Anda, Tidak harus selalu mobil terbaru dengan harga yang luar biasa masih mahal, tapi kadang mobil model lama pun bisa menjadi pilihan. Karena biasanya model – model dengan merk tertentu juga menjadi gaya tersendiri bagi anak usia muda.

Untuk wanita muda yang memiliki banyak aktivitas baik di kampus maupun wanita karir muda, city car juga bisa menjadi pilihan. Mobil model ini cukup untuk membawa perlengkapan Anda yang mungkin beraktivitas dari pagi hingga malam hari, dan baru pulang ke rumah saat malam.

Anda bisa membawa beberapa perlengkapan penting Anda seperti baju ganti, peralatan make up, charger telepon genggam, baterai pengganti, makanan dan minuman, obat – obatan pribadi, bantal serta selimut dan benda – benda lain yang mungkin Anda perlukan.

Selain itu, sebaiknya mobil juga dibuat senyaman mungkin karena mobil ini menjadi rumah kedua bagi Anda. Jika perlu tambahkan bantal serta aksesoris lain yang membuat Anda merasa nyaman.

Metode Pembayaran

Kemudian jika dana dan model mobil telah ditetapkan, Anda tinggal memilih metode pembayaran apakah tunai atau kredit. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksa membeli mobil secara tunai jika dana Anda terbatas.

Membayar secara kredit juga menguntungkan bagi pembeli, karena selama masa kredit, jika terjadi hal – hal diluar kehendak kita, biasanya akan terjamin melalui asuransi. Jika memang tidak ada jaminan asuransi yang diberikan kepada Anda, maka sebaiknya Anda tambahkan sendiri asuransi mobil untuk investasi Anda ini.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Tips Membeli Mobil Sebelum Membeli"