Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sejarah MikroTik dan Jenis Lisensi MikroTik

Mengenal Sejarah MikroTik dan Jenis Lisensi MikroTik

Seputar Gadget - Sejarah terciptanya Router-router mikrotik yang banyak kita gunakan sekarang tidak lepas dari penciptanya yaitu John Trully dan Arnis Riekstins pada tahun 1995. Sedangkan dimulainya era sejarah diciptakannya mikrotik yaitu tahun 1996 di Maldova, yang pada saat itu John dan Arnis menggabungkan system dari Linux Kernel versi 2.2 dan MS DOS dengan teknologo Wireless LAN (WLAN) AERONET yang berkecepatan sekitar 2mb/s.

Proses pengembangan yang melibatkan sekitar 6-15 orang staf R&D mikrotik. Usaha mereka berhasil dalam mengembangkannya sehingga Mikrotik bisa melayani 5 pelanggan yang ada di daerah Latvia. Mereka percaya bahwa Mikrotik bisa berkembang menjadi sebuah Software Router yang Realible dan dapat digunakan di seluruh dunia. Maka dari itu John dan Arnis merekrut beberapa ahli dari berbagai penjuru negeri untuk ikut mengembangkan Mikrotik.

Sehingga ekspetasi dari John dan Arnis dapat terwujud sampai sekarang karena produk-produk Mikrotik yang realible dan cukup terjangkau sudah tersebar luas ke seluruh Dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya menghasilkan produk saja Mikrotik sudah memilik Program Study bersertifikat internasional yang disebut MikroTik Academy. Serifikasi ini di bagi menjadi beberapa level dan sertifikat ini memiliki masa berlaku jika anda ingin memilikinya dengan durasi 3 tahun, setelah habis masa berlakunya anda dapat memperpanjangnya dengan cara mengikuti ujian ulang, level sertifikat MikroTik diantaranya :

·         Basic               : MTCNA ( MikroTik Certified Network Associate)

·         Advanced        : MTCWE(MikroTik Certified Wireless Enginer)

MTCRE(MikroTik Certified Routing Enginer)

MTCTCE (MikroTik Certified Traffic Control Enginer)

MTCUME (MikroTik Certified User Management Enginer)

Expert             :  MTCINE (MikroTik Certified Inter-Networking Enginer)

1. MikroTik RouterOS

MikroTik RouterOS adalah operasi dan perangkat lunak yang bisa membuat sebuah computer menjadi Router Network yang handal. Banyak fitur-fitur yang disediakan RouterOS MikroTik di antaranya :

a. Protokol TCP/IP (Layer 3)

§  Firewall – Nat

§  Static & Dynamic routing

§  Hotspot

§  Point to Point Tunneling Protocol

§  DNS server & Chaching DNS client

§  DHCP server

§  Data Rate Management

§  Simple Tunnels

§  IPsec

§  WebProxy

§  Universal Client

§  VRRP

§  UPnP

§  NTP

§  SNMP

§  M3P

§  Dan lain-lain

b. Protocol Layer 2

§  Wireless

§  Bridge

§  VLAN

§  Synchorounous

§  Asynchorounous

§  ISDN

§  SDSL

Dalam peng-administrasian RouterOS terdapat banyak cara yang bisa dilakukan melalui aplikasi WinBox atau menggunakan Console bagi yang suka menggunakan tampilan CLI (command Line Interface).

2. License MikroTIk

RouterOS MikroTik memiliki beberapa level lisensi, mulai dari level 0 sampai level 6 dan dapat kita gunakan secara Trial selama 24 jam atau secara permanen dengan membeli lisensinya terlebih dahulu.

Penjelasan singkat MikroTik License :

§  Level 0, Adalah lisensi Trial yang akan dihitung waktunya/24jam sejak OS itu diinstalkan.

§  Level 1, adalah lisensi versi demo yang hanya bisa digunakan oleh 1 pengguna saja.

§  Level 3, hanya ada pada perangkat RourerBoard dan dipeuntukan untuk client.

§  Level 4, dapat digunakan sebagai sebuah Router dengan kemampuan seperti Router pada mumnya seperti OSPF,RIP dan lain-lain

§  Level 5, dapat bekerja seperti router pada umumnya namun jumlah penggunanya bisa lebih banyak dari lesensi level 4.

§  Level 6,  sama seperti level 4 dan 5 namun dengan tanpa batasan apapun.

Sekian dulu yahh pengenalan MikroTik semoga bermanfaat bagi semua, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Silahkan tinggalkan Komenter jika ada yang kurang paham..

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Frontier, Forum Lenovo, Udemy, Netvibes, IMDB, Quibblo

Post a Comment for "Mengenal Sejarah MikroTik dan Jenis Lisensi MikroTik"