Widget HTML #1

Pengertian Web Server | HTTP | Logging

Pengertian Web Server | HTTP | Logging

Kali ini penulis akan memberikan pengalaman ketika membaca mengenai Web Server, apa itu web server?  hhe ok kita mulai dari yang dasar-dasar dulu yah, sesuai yang telah penulis baca dan gunakan sebelumnya mengenai Web Server dan yah penjelasan singkatnya mungkin seperti berikut :

Web server merupakan suatu program komputer yang memiliki tugas untuk menerima permintaan dari HTTP dari komputer klien. yang dikenal dengan nama web browser dan melayaninya dengan menyediakan respon HTTP berupa konten data. biasanya berupa halaman web yang terdiri dari dokumen HTML dan objek-objek terkait contohnya seperti gambar dll.

untuk menjalankan PHP dapat dilakukan dengan menggunakan mode online ataupun offline, dalam mode online pengguna harus mempunyai domain dan hosting dang memerlukan biaya yang lumayan, sedangkan pada mode offline pengguna tidak memerlukan biaya namun tetap harus tersedia komputer dan beberapa alikasi untuk memmbuat suatu web server lokal.

Ada beebrapa aplikasi untuk membangun web server lokal yang support untuk sistem operasi windows diantaranya adalah XAMPP (peulis menggunakan Xampp karna dari pertama belajar yah pake xampp), WampServer, Vertigo dll. sofware tersebut gabungan dari PHP, MySQL dan Apache, semua itu memiliki kemampuan yang sama untuk membangun web server lokal.

Program web server memiliki fitur-fitur dasar yang sama seperti berikut:

  • HTTP : Stiap Program dalam web server bekerja dengan menerima permintaan HTTP dari klien, dan memberikan respon HTTP ke klien tersebut. Respon tersebut biasanya berisi dokumen HTML, gambar, dan berbagai jenis dokumen lainnya. jika terjadi kesalahan permintaan dari klien atau mungkin kalau terjadi masalahan saat melayani klien maka web server tersebut akan mengirim respon kesalahan berupa dokumen HTML atau suatu text yang memberikan penjelasan atas kesalahan tersebut.
  • Logging : Umumnya sih setiap web server memiliki kemampuan pencatatan terhadap informasi detil mengenai permintaan dari klien, respon dari web server dan disimpan dalam berkas log, jadi dengan adanya log inilah dapat memudahkan web master untuk mendapatkan statistik.

Nah penjelasan singkat di atas merupakan sedikit dari apa yang penulis pahami dan tentunya akan ada banyak pendapat mengenai hal ini, namun setiap pendapat bisa dijadikan suatu referensi yang memungkinkan kita untuk melangkah maju kedepan serta untuk menambah ilmu pengetahuan tentunya.

Okk Terima kasih teman-teman semuanya  ... semoga bermanfaat untuk kalian semuanya :)

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Pengertian Web Server | HTTP | Logging"